Senin, 07 Februari 2011

mesin wankel

Mesin wankel atau disebut juga mesin rotary adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu.
Mesin ini dikembangkan oleh insinyur Jerman Felix Wankel. Dia memulai penelitiannya pada awal tahun 1950an di NSU Motorenwerke AG (NSU) dan prototypenya yang bisa bekerja pada tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan lain di seanterodunia untuk memperbaiki konsepnya.
Karena mesin wankel sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap,pesawat terbang, go-kart, speed boat.
Cara kerja mesin wankel

http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Cara kerja mesin wankel
Tanda "A" merupakan salah satu ujung dari rotor. Tanda "B" menunjukkan sumbu eccentric yang menggerakkan poros mesin. Sumbu poros mesin berputar tiga kali untuk setiap putaran rotormengelilingi poros eccentric.

PRINSIP KERJA MESIN WANKEL

Mesin Wankel
Mesin rotary yang dipakai pada mesin-mesin mobil pada saat sekarang ini (Mazda) banyak memakai tipe mesin rotary Wankel. mesin ini diciptakan oleh Dr. Felix Wankel (bangsa Jerman) tahun 1964, yang menjadi tantangan dari mesin-mesin yang mempergunakan piston konvensional.
Kelebihan dari mesin Wankel ini adalah tidak ada gerak turun naik dan dan mempunyai pergerakkan lebih ringkas dari pergerakan mesin piston.

Prinsip Kerja Mesin Wankel :
Prinsip kerja mesin Wankel sama dengan mesin 4 langkah ( four stroke engine). Campuran bahan bakar dan udara (gas) masuk dan dimampatkan.
Pada saat kompressi terjadi, busi mencetuskan api dan membakar bahan bakar (gas) sehingga terjadi tekanan gas sehingga menekan sisi dan memutar triangular rotor (sejenis roda terbang/fly wheel pada mesin piston) selanjutnya memutar roda gigi pusat atau roda sumbu.
Putaran rotor (triangular rotor) meneruskan kepada gigi-gigi perseneling dan akhirnya memutar roda-roda lainnya. Semuanya ini adalah kombinasi tiga langkah tenaga (power stroke) mendorong secara serempak tiga sisi/kamar sehingga menjadikan mesin Wankel ini lebih kuat dibandingkan dengan jenis mesin rotary lainnya. Untuk lebih jelasnya perinsip kerja mesin Wankel perhatikan uraian dan gambar berikut ini :

Langkah Induksi :
Sewaktu ujung rotor (triangular rotor) melewati pintu masuk, campuran bahan bakar dengan udara (gas) (berwarna hijau pada gambar) masuk ke kamar akibat hisapan/tekanan tinggi dari gaya/orbit eksentrik perputaran rotor mengelilingi gigi sumbu (central gear).
Induction


Langkah Tekanan :
Seketika rotor melanjutkan putaran, campuran bahan bakar (gas) dibawa ke kamar/sisi yang berikutnya (berwarna biru pd. gambar), campuran bahan bakar dan udara (gas) pada kamar/sisi ini termampatkan oleh kekuatan/gaya/orbit perputaran rotor.
Compression


Langkah Tenaga :
Pada saat campuran bahan bakar (gas) dalam keadaan mampat/terkompressi busi mencetuskan api dan membakar bahan bakar (gas), sehingga terjadi peningkatan tekanan udara dan menekan sisi rotor sehingga berputar kedepan dan juga rotor memutar roda gigi sumbu (central gear) kedepan.
Power


Langkah Buang (exhaust) :
Sewaktu rotor berputar kearah atau kekamar/sisi berikut, lobang atau pintu gas buang terbuka sehingga sisa pembakaran keluar.
Exhaust


Tipe mesin kembar Wankel :
  

Tipe mesin kembar Wankel terdiri dari dua buah rotor atau baling-baling dikombinasikan di (dalam) suatu mesin/motor untuk meningkatkan tenaga yang lebih besar dan mendapatkan perputaran mesin yang halus. Rotor atau baling-baling ditempatkan berlawanan sebesar 180 o

Mazda telah memproduksi dan mempertunjukkan mobil sport dengan mesin Wankel di Tokyo (1999), yang mempunyai empat tempat duduk. Mobil disebut RX-Evolv.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar